Peternakan sapi metal

sapi-metalBeberapa waktu yang lalu, pas pulang kampung saya sempet jalan-2 ke kampung sebelah. KUTA nama kampungnya. Disana para penduduk, selain bertani mereka juga banyak yang menjalankan usaha penggemukan sapi daging. Jenis sapi yang digemukan adaha sapi mental. Aga ga jelas juga sih namanya, sapi metal atau sapi mental. Soalnya saya juga pernah membaca buku mengenai peternakan sapi jenis ini, penulisnya ada yang bilang sapi metal dan ada yang menyebut sapi mental.

Sebenarnya ada beberapa jenis sapi yang biasa dipelihara. Misalnya, sapi Bali, sapi kacang, sapi mental atau sapi Limosin. Aneh-2 ya namanya. 2 nama sapi yang saya sebut terakhir lagi ngetrend dikalangan peternak. Selain harganya yang mahal, ( bisa mencapai 12 juta-an per ekor ), juga pemberian makannya yang harus benar-2 dijaga.

Bagi teman-2 yang ingin menambah penghasilan usaha ini bisa di coba. Relatif aman. Kebetulan didaerah saya ada dokter dan mantri hewan. walau tidak menjamin 100% bahwa sapi-2 tersebut ngga akan mati. Tapi sejauh ini belum pernah ada sapi yang mati gara-gara penyakit.

Ada dua cara usaha peternakan sapi ini, yaitu Penggemukan dan Peternakan dari Pembibitan.

1. Peternakan dari pembibitan.

Peternak membeli bibit kemudian dikawinkan atau disuntik sperma ( kalo ngga salah istilahnya IB ). Kalo diTasik harga bibit sekitar 6 Juta kata peternak yang saya kunjungi. Untuk harga yang murah, pilihlah sapi yang tidak terlalu gemuk tapi dari jenis sapi metal atau Limosin. Ada jenis-jenis bibit sapi metal. Istilahnya F1, F2 dan F3. F1 istilah untuk sapi hasil perkawinan sapi lokal / kacang dengan sapi metal. F2 istilah untuk sapi sebagai hasil perkawinan F1, dan F3 adalah sapi anak dari F2. Nah F3 ini lah yang dibilang benar-benar sapi metal. Untuk dijadikan bibit, F2 juga ngga masalah.

Setelah pembelian bibit, sapi dibesarkan beberapa minggu ( kira-kira 2 Minggu ) baru kemudian dikawinkan atau di suntik IB dengan sperma sapi jantan metal atau Limosin. Biasanya sapi akan melahirkan setelah 9 Bulan. Silahkan berkoordinasi dengan mantri atau dokter hewan kalo usia kehamilan sapi sudah 9 bulan. Biasanya mereka bisa memprakirakan waktu kelahiran secara tepat. Jangan lupa memberi makan sapi dengan teratur setiap hari. Kalo perlu jangan biarkan tidak ada pakan sapi dikandang. Jangan kaget kalo pertumbuhan sapi sangat cepat. Juga jangan kaget engan pola makan sapi yang kuat kalo ngga boleh dibilang rakus.. Oh iya enaknya memelihara sapi metal, si sapi tidak pilih-pilih makanan. Mulai dari Jerami, rumput-rumputan apalagi rumput gajah, dedek, ketela dll adalah makanannya. Jerami kering juga doyan. Jadi apabila musim panen padi tiba, umpulkan jerami basahnya, jemur sampai kering kemudian simpan digudang. Apabila musim kemarau datang, berilah sapi metal tersebut dengan jerami kering tersebut. Bisa ditambah 5 KG urea yang sudah dicairkan untuk 100 KG Jerami kering, sebagi selingan pakan basah ( rumput hijau ). Kalo ada ampas tahu, lebih baik. Sebagai suplemen bagi gizi sapi. Apabila sudah lahir, anak sapi juga akan terjadi sangat cepat, cuma pemberian pakan juga harus teratur dan banyak. Napsu makan sapi metal juga sangat kuat. Oh iya selain pemberian makan yang baik, sapi juga perlu dimandikan setiap hari juga diberi kandang yang cukup dan mendapat sinar matahari yang cukup. Mengenai kandang akan saya jelaskan di artikel selanjutnya :)

Sebagai Gambaran, harga sapi metal umur 5 Bulan, apabila pertumbuhannya bagus harganya 5 – 6 juta rupiah. Harga yang sangat jauh berbeda dengan harga sapi kacang / lokal. Maksimal 4 juta rupiah untuk sapi berumur 2 tahun. Kecuali musim kurban kali ya… paling 6 juta.

Karena teman-teman orang yang sibuk, bisa dengan sistem bagi hasil dengan peternak. Mengenai sistem pembagiannya bisa di musyawarahkan.

Untuk jenis Peternakan penggemukan, proses-nya hampir sama. Kita hanya membeli sapi metal umur 8 atau 9 bulan. Carilah sapi yang aga kurus aja, untuk kemudian kita gemukkan dengan pola makan yang baik. Setelah gemuk baru sapi kita jual.

Terima kasih, selamat mencoba.

Orang-orang ekonomi bilang ” Pekerjakan uang kita menggaji kita”

About these ads

108 responses to “Peternakan sapi metal

  1. Mas saya juga pelihara sapi metal, yg saya akan tanyakan pada umur berapa anak sapi bisa dikelohi(hidungnya di kasih tali/dadung)? Karena saya br pertama kali memelihara sapi indukan/betina dan anaknya br aja keluar br berumur 2 minggu. Mohon dijawab. Makasi

    • Dear Mas Agus,

      Pada umur 6 bulan, ukuran badan sapi metal sudah besar banget. Tujuan dikelohinya seekor sapi dan binatang pada umumnya adalah supaya pengendaliannya gampang. Jadi kalo dilihat dari ukuran badan sapi, umur 6 bulan sapi metal sudah bisa dikelohi. Atau apabila sudah dirasa susah mengendalikannya, sapi tersebut boleh-boleh saja dikelohi.

      matur nuwun

    • Dear Pak Santoso,

      Sebelumnya mohon maaf, kebetulan saya kurang begitu paham area Purworejo. Kalopun kesana saya hanya lewat pak. Kebetulan saya bekerja di Semarang. Jadi kalo mau pulang kampung ke Dayeuh Luhur Cilacap, saya lewat daerah Purworejo.

      Mengenai tempat pembelian bibit sapi metal didaerah bapa, terus terang saya kurang tahu. Tapi coba bapa pergi ke pasar hewan. Biasanya disana dijual sapi bibit juga. Jangan lupa tanyakn jenis bibitnya, F1,F2 atau F3. Kemudian untuk bibit pilih yang aga kurus aja ( biar harganya murah ) tetapi berpotensi untuk bisa besar kalo asupan pakan dan gizinya baik.

      terima kasih
      salam,

  2. minta info tempat atau peternakan sapi yang ngejual bakalan murah untuk daerah jawa timur, kalo bs harga bakalan sapi jawa/kacang, penjualan sapi metal saat kurban kurang memuaskan, mw coba alih ke sapi jawa, mohon infonya, trims

    • Dear Pak Okky,

      Sebelumnya saya mohon maaf baru bisa balas Pak.

      Mengenai info tempat atau peternakan sapi yang menjual sapi bakalan di area di Jawa timur, terus terang saya kurang tau Pak. Yang aga familiar saya area Salatiga dan Magelang serta ambarawa. Disana ada pasar hewan. Biasanya disana ada semacam tengkulak yang akan dengan senang hati memberi tip beternak sapi dan bersedia membeli sapi yang sudah kita besarkan.

      Mengenai harga bibit sapi jawa/ kacang, beberapa waktu yang lalu saya membeli sapi umur 1 tahun setengahan dan sudah hamil sekitar 5 bulan harganya 4 Juta. Memang kalo sapi kacang betina harganya murah.

      Matur nuwun.

  3. budidaya sapi memang relatif hambatannya tidak terlalu sulit,kandang,bibit,pakan dan obat2an sangat mudah tersedia.
    yang perlu diperhatikan adalah tata niaga sapi , bagaimana menciptakan tata niaga sapi yang dapat menguntungkan para peternak, agar terbebas dari mafia/calo/makelar/blantik (mereka bukan pedagang sapi ) di pasar sapi yang sering mempermainkan harga pasar, bagaimana menciptakan kondisi pasar yang kondusif sehingga peternak kita bisa membeli bibit dan menjual hasil budidayanya dengan harga yang wajar dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang optimal ( rasional ). pemerintah dan asosiasi / koperasi peternak harusnya membuat bursa sapi , dengan adanya bursa akan membuat kepastian harga sesuai dengan teori pasar sempurna tanpa dikotori oleh permainan calo/mafia yang mendominasi pergerakan harga, sehingga peternak akan terhindar dari kerugian kerugian. pada dasarnya calo/makelar/blantik/mafia ini sebagai benalu yang sangat merugikan para peternak kita , peternak akan malas berbudidaya sapi karena marginnya kecil ( apalagi bila peternak nggaduh ) , mereka ( calo dkk.) sebagai gank-pasar selalu mengambil keuntungan baik harga sedang membaik maupun harga sedang turun. mereka harusnya diberantas oleh pemerintah dengan satpolnya. gagasan ini diperlukan karena pemerintah menginginkan swa sembada daging sapi segera terwujud yang notabene sekarang masih banyak sekali import daging dari luar negeri dimana halal haramnya kita tidak mengetahui ( nau dzubillah hi mindzalik ). Bravo peternak sapi indonesia selamat berjuang dengan moto ; kerja-keras, kerja-cerdas dan kerja-ikhlas

    • Saya sangat setuju Pak, untuk memberantas percaloan dibidang peternakan ini. Idealnya memang harus ada Koperasi atau Kelompok Tani yang akan berhubungan langsung dengan pabrik pengolahan daging sapi atau rumah potong.

      Sejauh ini saya belum mendalami sampai sejauh itu Pak.

      Terima kasih remaindernya.

      Sayangnya para peternak terdesak kebutuhan ekonomi sehingga mereka tetap menjual hasil ternaknya sama calo/makelar/blantik.

      salam,

  4. Kepada bapak yang terhormat saya sangat suka sekali beternak sapi, tapi dari beberapa pengamat saya banyak sekali peternak sapi yang mengeluhkan akan harga sapi bakalan dengan sapi dewasa. karna sapi bakalan lebih mahal dari sapi dewasa.

    kami pernah membeli sapi bakalan dengan harga 6 juta, stlah kami pelihara selama satu tahun, sapi tersebut dihargai dengan harga 7.500,000 tujuh juta limaratus ribu.

    yang saya tanyakan adakah tempat pembelian sapi bakalan atau penjualan sapi yang mempertimbangkan bobot sapi tersebut.

    • Pak Kris mungkin punya pengalaman lain..? soalnya beberapa waktu yang lalu membeli sapi bakalan tanya-2 umurnya saja.

      salam,
      –kartim–

    • Pak Ahmad,

      Mengenai penyakit, secara detail saya ga tau banyak. Mungkin bapa bisa konsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan. Yang saya tahu hanya penyakit-penyakit yang umum terjadi. Misalnya Cacingan atau kembung atau penyakit kulit yang diakibatkan oleh lalat. Untuk Cacingan, biasanya sapi juga diberi obat cacing khusus. Biasanya setiap 4 bulan. Untuk antisipasi penyakit kulit karena lalat, pertama-tama sapi harus dimandikan setiap hari, kemudian diolesi obat anti lalat.

      Alhamdulillah, sapi saya jarang sakit. Pernah sakit sekali karena kembung. Kemudian saya panggil dokter hewan dikampung saya. Obatnya saya lupa tapi waktu itu dokternya memasukan tangannya melalui anus sapi untuk diagnosanya. setelah itu sapi saya sehat. Oh Ia.. biaya pengobatannya juga murah Ko. :)

      Jadi menurut saya, keberadaan dokter hewan dikampung atau dekat peternakan kita juga menjadi faktor yang penting untuk beternak sapi.

      semoga bisa membantu.
      matur nuwun.

  5. Om, om, saya punya sapi nih om dirumah. saya pengen banget jadi peternak sapi potong dan mendirikan sektor peternakan di sini, mohon di beri nasihat dan sarannya ya om, THANK’S Ya Om…………………..

    • Mas Koko,

      Kalo pengalaman saya dan hasil banyak diskusi dengan para peternak sapi. Untuk beternak sapi potong :
      1. Belilah sapi umur 4 bulan-an.
      2. Selama 2 bulan biarkan sapi tumbuh dikandang yang bebas, sehingga organ tubuh berkembang dengan baik. Jangan lupa perhatikan juga makanannya. ( kapan-2 akan saya share formula makanannya.
      3. Setelah umur 6 bulan, masukan sapi ke kandang yang ukurannya kira-2 1 meter x 2 meter. Jadi sapi hanya bisa berdiri dan duduk. Tidak bisa bergerak dengan bebas. Penerangan sapi juga harus baik. Jadi waktu malam pun, sapi hanya melihat makanan saja. Pemberian makanan juga harus diperhatikan, jangan sampai ada saat dimana tidak ada makanan ditempatnya. Insya Alloh dalam waktu singkat bapa akan terkaget-2 dengan pertumbuhan bobot sapinya.
      4. Jangan biarkan kandang-nya kotor. harus selalu bersih. Sapi juga harus dimandikan setiap hari.

      Selain itu, ada juga model penggemukan dengan membeli bakalan yang berumur satu tahun. Carilah sapi metal yang aga kurus ( bukan sakit ). Kemudian berilah makanan dan tempatkan pada kandang khusus seperti point no 3 diatas.

      mungkin itu yang bisa saya share,
      matur nuwun

    • Pak Wahyu,

      Sebelumnya saya mohon maaf. Untuk daerah jawa timur, saya aga kurang paham Pak.
      Tapi coba daerah Bojonegoro atau Tulung Agung pak. Beberapa teman saya yang ada disana beternak juga.

      matur nuwun.

  6. maaf pak,… kalau bapak lokasinya dimana ya ? (Cilacap .. ?) kebetulan saya ada rencana bulan juni nanti akan memulai di baturaden Purwokerto. Boleh saya minta alamat jelas atau Contact person bapak ?

    Trimakasih
    iwangsa@cbn.net.id

  7. saya mau tanya untuk sekarang…harga bibit sapi simental unggul yg umurnya sekitar 4 bulan harganya berapa ya…???
    dan klo di daerah jogja klo mau beli bibitnya yg terdekat dimana…???
    mohon informasinya…..sebelomnya terimakasih banyak….
    amail blantak_37gtr@yahoo.com

  8. dan klo di daerah jogja klo mau beli bibit sapi tersebut yg terdekat di daerah mana….?
    mohon insaya mau tanya kisaran harga bibit sapi simental yg unggul kira-kira harganya berapa…?
    formasinya…..sebelomnya terima kasih banyak….
    blantak_37gtr@yahoo.com

      • Pak Kartim Saya dicirungkun.Bapak dimana persisnya? sapi yang siap di Ib dapat diperoleh dimana? Kalau sapi metal bakalan untuk penggemukan harga berapa? Salam…. satu kampung

  9. saya mau tanya pakartim dari dayeuhluhurnya desamana tepatnya saya maulihat kebetulan saya dari desa kutaagung.

    salam
    jojo

    balas

  10. Peternakan kami menyediakan bibit sapi metal , pembelian dengan cara cash. kami sarankan pembelian minimal 1 truk isi 13 sapi anakan.
    Dijamin murah ,kualitas handal. sebuah bisnis dengan prospek sangat bagus.
    Berminal hubungi – 085 88 1476 192-endro

  11. mas aku rencana mau mulai usaha ternak sapi,tapi sapi di kirim dari australia masih kecil dan kita mau besarkan di indo,aku pilih daerah lembang bandung,atau boyolali jawa tengah,yg saya mau tanyakan apakah sapi import bisa cocok dgn iklim di indo dan apakah investasinya bisa menguntungkan,dan kalo sapi import pasaran jualnya bgm,kalo 200 ekor utk pertama mulai ternak butuh berapa luas area tanahnya dan jg berikut area penanaman rumput pakannya, makasih mas

    • Mas Michael,
      Kalo sapi bakalannya import dari luar terus terang saya kurang pengalaman mas. Tapi kayanya ga masalah deh. Mungkin untuk sementara mas Michael bisa mencoba dengan sapi mental yang ada di-indo dulu aja. Banyak ko… Mengenai lokasi peternakan, Lembang dan Boyolali sama-sama bagusnya. Rumput hijau tumbuh banyak disana. Cuma mungkin kalo di Boyolali harga tanah bisa lebih murah. Pakan hijau juga banyak disana, karena tanah disana selalu basah. Jadi rumput gajah bisa tumbuh subur disana. Kalo peternakannya disana, bibit atau sapi bakalan bisa dibeli di Salatiga. Tepatnya di pasar ternak Salatiga. Malah penjual bibitnya, biasanya siap membeli kembali sapi yang sudah digemukan.

      Mengenai kandang tergantung mas, kalo kandang tersebut untuk penggemukan sapi, tinggal hitung saja. Satu sapi butuh 2 x 1 meter. Kemudian ditambah area untuk penyimpanan dan pengolahan pakan dan penampungan kotoran serta pengolahan limbah. Kalo kandang tersebut digunakan untuk pembibitan, mungkin ditambah area untuk pertumbuhan sapi dimana anak sapi dilepas bebas ( sampai umur 4 bulan ), sehingga sapi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

      Mengenai pakan, kalo penggemukan itu biasanya pakannya konsentrat. Konsentrat-nya sendiri bisa beli atau bikin sendiri.

      Kebetulan saya ada teman yang usaha peternakan-nya sudah jalan. Beliau beternak sapinya juga di Boyolali. berikut alamat blog-nya. Silahkan berkunjung kesana. http://samuderasapi.wordpress.com

      Terima kasih.
      semoga membantu.

  12. aku butuh anakan sapi semintal posisiku ada di kabupaten batang mau coba 6-8 ekor tolong kasih informasi terdekat dimana saya harus beli dan tidak tertipu jenis sapi yang saya harapkan.trim

    • Pak Iswandi,
      Kalo aga santai mungkin bisa jalan-jalan ke Salatiga Pak. Kan hanya 2 jam aja dari batang :).
      Kalo secara phisik ciri-ciri sapi metal adalah : Badan besar dan tinggi. Kemudian tidak ada punuknya. Kalo berdiri, dari tulang ekor sampai kepala lurus. Tidak ada lekukan-lekukan. ( tidak ada punuk ).

      Terima kasih.

  13. Pa Kartim saya butuh anakan sapi simetal posisi saya ada dibanjar patroman kemana saya harus nyari di daerahbanjar ?apa di daerah dayeuh luhur banyak ?

    • Assalamu Alaikum Pak Haji,

      Di Majalaya Tasik banyak Pak. Di Pasar Hewan Tasik juga banyak. Beberapa waktu yang lalu saya juga beli bibit di Dusun Kuta ( Desa-nya saya lupa. Bangun Harja kalo ga salah )
      Nanti saya cariin Dokter Hewan langganan saya Pak. Insya Alloh beliau tau.

      wasalam.

  14. halo, saya mau minta bantuan informasi mengenai bakalan sapi super metal/limosin. Saat ini saya sedang negosiasi dengan investor untk berternak sapai limosin. Dimana saya bisa mendapatkan bakalan sapai tersebut dan berapa harganya, untuk infonya bisa kirim ke : al_barsyah@yahoo.com or 021 92557595 or 081318147714, untuk infonya saya ucapkan terima kasih, oh sori posisi saya di Ciputat, Tangerang, Banten, trims

  15. sy baru akan mulai beternak sapi berkelompok pa kartim. sy dari brebes, dimana bisa sy beli sapi metal umuran 4-5 bulan dan berapa harganya ? apa di bumiayu ada ?

  16. pak, ktanya klo jual sapi potong/simental lbh tinggi ke para pejagal sapi ya pak?? jadi gk dipermainin sma makelar sapi…..
    trus sya bru 1minggu cba pnggmukan sapi simental, sya pke sbuah produk alami, yg gunanya untuk mperbaiki sistem pencernaan sapi, supya mkanan yg dmkan sapi terserap gizinya dan jadi daging, intinya memaksimalkan pakan & cpt gemuk….
    untk dijogja, cri sapi simental yg bgus mna yaw??? hrga sapi simental umur 1thn brpa ya???

  17. Ass wr wb. Pak Kartim kalau sapi metal umur 5 atau 6 bulan kisaran berapa sih harganya ? insaallah bulan depan saya mau beli, saya baru selesai bikin kandang. oh ya kalau pak Kartim di Dayeuhluhurnya dimana ? saya punya Saydara di Hanum.

  18. Ass wr wb. Pak Kartim Kalau sapi metel umur 5-6 bulan sekitar berapa Sih harganya ? insaallah bulan depan saya mau beli ini baru selesai bikin kandangnya. Oh ya kalau Pak kartim Dayeuhluhurnya dimana ? saya punya saudara di daerah Hanum .

  19. saya puthut dp dicilacap , minat dengan sapi metal
    dimana saya bisa beli bakalan lepas susu, harga per ekor jantan/ betina
    info seputar pemeliharaan

  20. Tolong tanya sesepuh yg sudah lama bekecimpung di ternak sapi.
    1. Sapi susu, Sapi Mental, Sapi Limosin, dgn ukuran yg sama, kualitas yg sama, mahal mana?
    2. Yg jual bibit sapi australi di Bandung bisa hub saya di 022-7070 6168.
    Terima Kasih

  21. kami tinggal di Kal-Bar sangat kesulitan mendapat bibit sapi metal dan limosin. bgmana pemecahannya mas.
    saya juga plihara sapi skitar 6 ekr, tp sapi jenis PO dan Madura.

    • Pak Sudiono,

      ada dua hal yang bisa dilakukan :
      1. Mendatangkan sapi metal dari Jawa tapi mungkin membutuhkan biaya yang besar
      2. Membuat sapi metal sendiri dengan cara IB. ( menyuntikan sperma sapi metal ke bibit sapi lokal/madura ). Mungkin pak Sudiono bisa menghubungi mantri hewan yang ada disana.

      Terima kasih

  22. PK.Kartim..minta informasinya pk.Sudiono di Kalbar dong…terutama no hp , emailnya…saya juga ada tmn2 di sn yang ternk sapi

  23. saya terinspirasi beternak sapi saat masih kuliah di ITS 6 atu 7 tahun yg lalu, saya kagum dengan peternak di daerah batu, ngantang jawa timur dan sekitarnya, karena itulah saya coba bawa sedikit ilmu bertenak sapi ke daerah saya di banyumas selatan perbatasan dengan cilacap, memang tidak begitu sulit dan tidak begitu mudah mengembangka sapi, modal yg terbatas dan perlu mengajari peternak, karena saya lakukan dengan sistem gaduh, atau maro kalo bahasa banyumasnya, untuk pemasaran memang saat ini tidak begitu sulit karena hari raya kurban dan Idul fitri banyak yg memesan, cuma harga bibit yg naik terus saat ini yg menyulitkan, saat ini masih mengembangkan sapi jawa, untuk sapi metal peternak2 pemelihara saya belum berani karena minim pengalaman dan masih belum paham pemasaranya, kalo ada temen2 di daerah banyumas bisa berbagi pengalaman beternak sapi metal dan limosin saya sangat gembira, apalagi kalo ada info pembelian bibit di daerah banyumas dan sekitarnya untuk sapi metal dan limosin
    surahmanadi.purwono@yahoo.co.id

  24. pak, saya mau tanya tentang penjualan sapi metal pak, sya punya sapi metal usia 1,8 tahunan, gemuk, siap potong atau digemukkan lagi, sya di sleman jogja, mungkin bapak bsa ksh saran atau informsi…!!!! trims…..

  25. salam kenal mas , saya dari blitar sapi saya yg f1 1ekor f2 i ekor dan f3 2 ekor semua betina . yg f3 itu induk dan anak nya yg umurnya baru 3 bln saya beli dgn harga 19,5 jt untuk dua ekor f3 nya , kemahalan gak mas ? mohon penjelasan mas trimakasih.

  26. bos…..biar gk d nyamuk + lalat di kandang semprot saja pake ASTETRIN saj …dosis 5 cc/ 2ltr air…di jamin lalat kabur …….ngacir…

  27. bos….ADG bisa berapa ya bos ya…..tmpat peternakan anda …..mungkin kita bisa sharing2 masalah metode untuk meningkatkan ADG……spnya dah berapa to bos…..balas k email sy j ya bos…..NUHUN….

  28. bagi para pemula ,harus perlu ketekunan, ketelitian,kejelasan cari bibit, perhatian kesehatan, yg penting apakah sudah siap pembeli
    Hormat kami, Sugianto

  29. terlebih dahulu saya mengucapkan salam dan terima kasih, begini pak saya ingin bertanya saya membeli 2 ekor sapi mental harganya yang satu sepuluh Rp. 10.800.000 umur 8 bulan dan kedua harganya 6.750.000 umur 6 bulan apakah harganya tidak terlalu mahal? dan kedua setelah saya beli rupanya sapi yang harganya 6 jutaan tersrbut sedang mencret bagaimana cara pengobatannya.mohon petunjuknya.

  30. pak saya juga mempunyai sapi2 dgn sgala jenis dan ukuran dalm jumplah yg cukup banyak, saat ini saya berdomisili di pati- jawa tengah.terus terang saya kesulitan dalam pemasaran nya..
    mohon bimbingan dan saranya,
    trima kasih sebelumnya atas perhatianya

  31. pak kartim..bagaimana caranya supaya pertumbuhan sapi/ADG bisa maksimal,apa purlu semacam probiotik.untuk mendapatkan bibit sapi super disemarang dimana ya pak..>?jawab di email saya..maksh.

    • Monggo saja Pak Ismar.

      Kalo mengenai klub penggemar sapi terus terang saya belum tau ada apa ngga. Tapi kayanya bagus juga kalo kita bikin mailing list khusus untuk Penggemar sapi. Disana kita bisa saling sharing informasi.

      Insya Alloh akan sangat berguna.

  32. Ass wr wb Pak Kartim saya beli sapi limusin umur kira2 6-7 bulan harga 6 juta kemahalan apa ngga , simetal umur 10 bulan 9 juta , kalau ada di sekita majenang -cilacap saya masih butuh tolong informasinya pak wassalam,

  33. Yth. Pak Kartim…

    saya sedang memulai beternak sapi, yang saya ingin tanyakan :

    – Apakah bapak bisa memberikan info mengenai obat/probiotik untuk
    fermentasi pakan hijauan (jerami) menjadi pakan tambahan yg lebih
    bergizi.
    – Dimana dan berapa harga dari obat tersebut.

    Terima kasih,
    Yadi – Klaten

  34. mas saya mau tau kan saya mempunyai sapi metal nah bagai mana cara untuk bereproduksinya??? atau cra mengkawinkan nya ??
    klo kawin silang dengan sapi lokal boleh gak??
    wajib blz….!!

    terima kasih
    H.fachri Ridwan.S.E – pangandaran- jawa barat

    • cara bereproduksi sapi metal,

      sepengetahuan saya, sapi metal bisa dikawinkan secara konvensional artinya pejantan di jadikan satu kandang dengan betina. ( dua-duanya harus sapi metal ). atau kawin suntik seperti dalam artikel saya, istilahnya di IB.

      Dengan proses kawin IB ini, bapa harus tau kapan masa subur dari sapi tersebut. gejalanya macem-2. Bisa dengan teriak-2 terus dan disertai lelehan lendir di vagina sapinya.

      untuk lebih jelasnya, bapak bisa tanya ke mantri hewan langganan saya. Namanya Pak Rukma ( 081323250313 ).

      terima kasih

  35. ass,salam kenal bwt pwnggwmar sapi,sya mwu tanya sekarang harga bakalan sapi metal umur 10 bulan berapa?dan dimana saya dapt mendapatkannya,tolong infonya,,,,,,,,?

    terima kasih
    Irkham-cilacap

    • waalaikumussalam Pak Irkhram,

      kalo mau cari sapi bakalan, coba ke pasar hewan Ajibarang Bos.
      Harga sekitar 7-9 jutaan. tergantung dari umur dan kondisi sapinya.

      wasalam,

  36. pak saya mau jual sapi jenis metal, bagi yang berminat bisa telf 085725813844 lokasi saya kota purworejo bisa di lihat dulu siapa tau berminat

  37. ada yang tahu ga? gimana caranya ngirim sapi dari satu daerah ke daerah lain khususnya dari jawa tengah ke jawa barat gituh…misal dari kebumen ke subang. saya denger sapi itu, ternyata ada surat2nya juga ya..ngurusnya gimana dan dimana ?..terus ada yang tahu jasa pengiriman hewan sapi yang murah dan terpercaya ,,,abis kepengen banget nih bawa sapi ini ke tempat mertua ^_^

  38. pos ternak terdekat?? maksudnya?? saya tahunya pasar hewan, dinas peternakan…kalo “pos ternak” saya harus carinya dimana? tanya2nya sama siapa??

      • no hp saya 085890390401 saya di kebumen-jateng. saya mao nawarin sapi betina yg di atas itu saya mau jual dgn harga 4,2jt bisa nego kalo kemahalan(ma`lum pemula)..
        pak marwanto butuhnya yang jantan apa yang betina pak?..terus berapa ekor? buat “percontohan sapi”nya?..

  39. Asslm. Wr.Wb.
    Mhon info nya buat pemula belajar pemeliharaan ternak sapi metal buat di semarang. trimakasih . Wslm .wr.wb

    • Waalaikum salam.

      Sebenarnya kalo di Semarang lebih enak. Pasarnya deket di Salatiga.
      Tapi harga sapi lagi ga bagus sekarang. Coba tanya-2 aja sama peternak yang ada disana.

      salam,

    • Waalaikum salam Pak.
      Coba cari-cari dulu di pasar hewan lokal Pak atau peternak disana Pak.

      btw,
      Belakangan ini, harga sapi agak jatuh Pak. mudah-mudahan Pak Herman mendapat harga yang lebih murah juga.

    • Ass. pak herman, kalau bapak mau liat contoh kandang sapi yg bagus untuk penggemukkan, bapak bisa berkunjung ke kandang pak agus di jumoyo salam magelang, bisa saya antar liat2 dulu, kita bisa belajr disana pak, sekaligus bisa beli dan jual sapi disana pak….hub sya di 08995493409

  40. sapi saya mau melahirkan, tetapi gak jadi melahirkan, kejadiannya udah 7 hari yang lalu, saya khawatir anak sapi mati dalam kandungan induknya, yang saya tanyakan apa ciri2 janin sapi yang mati dalam kandungan? momon jawabannya, terima kasih sebelunya

  41. Saya mau ternak sapi metal namun kebingungan cari bibit yg bagus mhon bpk bisa membantu sya dlm mensukseskan trencana sya ini trim

  42. Saya membutuhkan sangat dan akan mengambil kira2 sekitar 100 ekor per minggu.. bisa dibantu pak? saya drop email saya
    regards, rizky

  43. Kami Distributor Susu PROFAT wilayah Jabodetabek
    ingin menawarkan Produk Kami Yaitu Susu ProFat (Formula Penggemuk Hewan Ternak Anda). Produk ini Untuk menambah Berat tubuh dan menambah Kualitas Daging ternak anda.
    Hanya Dengan Rp. 25.000.00 / kg atau 1 Carton isi 14 kg
    Utuk Informasi Dan Pemesanan :
    021 4430 6000 / 081 288 299 325 / 081 519 299 325

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s