Budidaya pohon Sengon

sengonBagi anda yang mau berinvestasi, budidaya pohon sengon mungkin bisa menjadi pilihan yang menguntungkan. Selain bisa berpartisipasi dalam usaha penghijauan dan program satu orang satu pohon yang dicanangkan pemerintah, budidaya pohon sengon juga bisa menghasilkan fulus yang lumayan.

Sebagai gambaran, setahun yang lalu saya membeli sebidang tanah dikampung saya senilai 7 Juta rupiah seluas 2100 meter persegi. Dengan tanah seluas itu saya bisa menanam 600-an batang pohon. Bibit pohon sengon yang saya beli seribu rupiah setiap satu pohon dengan tinggi 1 meter, saya tanam dengan jarak 2 meter setiap pohonnya. Menurut informasi yang saya baca, pohon sengon bisa ditanam dengan jarak 1,2 meter maksimal. Penanaman dengan jarak lebih rapat dari itu pohon sengon tidak bisa tumbuh dengan baik. Total uang yang saya keluarkan sekitar 11 juta rupiah ( termasuk membeli sebidang tanah, rekondisi kebun / dibuat tera siring, membeli pupuk kandang, dan ongkos kerja ).

Kalo kita akan menanam pohon sengon, sebaiknya dilakukan diawal musim hujan. Sehingga kita tidak perlu menyirami bibit pohon sengon yang baru ditanam. Tetapi apabila daerah anda merupakan daerah yang dingin misal di pegunungan menanam pohon sengon bisa dilakukan kapan saja karena kondisi tanah yang selalu basah. Dari sisi perawatan bududaya pohon sengon tidak memerlukan usaha yang extra. Cukup menyianginya 3 bulan sekali ( ini juga tergantung seberapa banyak tumbuhan yang hidup liar disekitar pohon sengon ), kemudian memangkas dahan-dahan yang tidak kita butuhkan. Tujuannya supaya pohon tumbuh menjadi tinggi dan lurus. Dalam memangkas batang / dahan yang tidak kita perlukan, jangan dilakukan pada saat umur pohon masih kecil, karena akan membuat pohon sakit. Selain itu, dalam pemangkasan, dahan dipotong jangan terlalu dekat dengan batang intinya. Pada umur 6 bulan sampai 1 tahun setelah ditanam, pohon sengon merupakan masa kritis. Ngengat adalah penyakit utamanya. Ngengat bisa membuat daun-daun pohon sengon mengering. Untuk mengantisipasinya kita bisa menyemprotnya dengan pestisida yang bisa dibeli dari toko-toko pertanian. Walaupun biasanya, pohon yang terkena ngengat akan kembali sehat setelah musim hujan datang.

Ladang atau kebun yang kita tanami pohon sengon juga bisa kita manfaatkan untuk menanam palawija seperti kacang tanah, rumput gajah dan lain sebagainya. Ini juga bisa kita manfaatkan untuk menarik orang yang kita percaya untuk merawat kebun kita. Orang tersebut bisa memanfaatkan ladang kita tanpa membayar tapi dengan catatan orang tersebut ikut membantu merawat kebun sengon kita. Saya sendiri memanfaatkan kebun sengon tersebut untuk budidaya rumput gajah untuk pakan hijau peternakan sapi metal saya. :) Kadang-kadang bibit sapi suka dibawa kekebun ini supaya kotorannya bisa dimanfaatkan pohon sengon sebagai pupuk.

Pohon sengon bisa dipanen kira-kira 4-5 tahun setelah penanaman. Apabila tumbuh normal ( diameter batang kayu klebih dari 30 cm ) pohon sengon laku dijual sekitar 400 ribu rupiah perpohon. Kalo anda mempunya 1000 pohon, anda bisa mendapatkan dana segar sebesar Rp. 400 juta rupiah.Lumayan bukan..? :)

Sekedar tips saja pada saat memanen, kalo anda menjual atau memanen pohon sengon dengan lahan yang sangat luas, lakukanlah secara bertahap. Sehingga tidak ada saat dimana lahan tersebut gundul sama sekali. hal itu bisa menimbulkan longsor dan erosi.

Selamat mencoba… :)

207 responses to “Budidaya pohon Sengon

  1. Boleh nanya Bos, kalo mau beli bibitnya dimana?
    Dan setelah besar bagaimana menjualnya?
    Investasi ini sangat menarik dan saya sendiri ingin sekali mencoba pada lahan tidur di Kampung.

    Thanks atas informasi dan tips cara merawatnya

    Regards,

    Bambang N

    • Pak Bambang, mohon maaf, bapak tinggal didaerah mana…
      Kalo bapak tinggal di Jawa tengah, Daerah Magelang, Temanggung, Banjarnegara banyak Pak. Purwokerto Ajibarang juga ada.

  2. saya mau tanya pak saya tinggal dijawa barat tepatnya didaerah subang saya mau tanya pupuk apa yang paling baik untuk tanaman sengon pada awal penanaman, kalau saya pake pupuk N, P & k berapa perbadingannya dalam 1 Ha. terimakasih pak!!!!!!!!!1 by ( Engkus )

    • Kang Engkus yth,

      Kalo mengenai pupuk terus terang saya kurang begitu paham secara detail. Tapi kalo pengalaman saya kemarin menggunakan pupuk kandang Pak. Volumenya dikira-2 saja. Yang penting bisa mensupport kebutuhan nutrisi bibit. Setelah 3 bulan kemudian saya kasih urea secukupnya.

      Btw, saya akan coba tanya juga ke dinas kehutanan atau teman-2 yang sekiranya tau Pak. Insya Alloh nanti saya kasih tau Pak.

    • pengalaman saya di jawa barat tasikmaya ,saya punya sengon dan jabon 2Ha sekitar 1800-2000 pohon jabon dan 1000 pohon sengon(albiso)sekarang sudah 3 th umur nya di tanam di dataran agak tinggi,,,pupuk menggunakan urea dan ponska,,perbandingan nya orea 25 kg ponska 25 kg untuk lahan 2 Ha ,aturan nya satu-dua sendok untuk satu pohon aku pernah baca d artikel,,ada jg yg memakai orea 25 kg ponska 10 kg,,itu d tabur mengelilingi pohon dg jarak nya 1 m dari pohon jangan mengenai akar ato batang pohon nya,,cara ny bisa di tanem mengelilingi pohon bisa di tutup dg tanah mengelilingi pohon,,daun daun yg berserakan di kumpulin mengelilingi pohon supaya klo membusuk dan mengurai menjadi pupuk alami,,,pupuk kandang yg di gunakan berguna untuk jangkan 2 atau 3 th k depan,,pupuk kandang akan membusuk dan mengurai menjadi pupuk sbgai makanan klo pohon itu sudah besar,maka nya sebelum menanam pohon kasih pupuk kandang di campur orea untuk lubang paling dasar biarkan 5- 7 haari sebelum di tanam,lebih baik pakai pupuk kandang yg sudah kering supaya tidak panas,saya bikin lubang dg ukuran dalam 30 cm lebar panjang 30 cm,masukan pupuk kandang 20 cm tutup dg tanah 10 cm,,tanah jangan terlalu penuh sisakan celah biar jadi kubangan biar klo ada air hujan bisa menampung di kubangan pohon trsbt,,pemupukan di lakukan 3 bulan sekali dari penanaman,,pemupukan lebih baik sampai umur 3 th wat hasil lebih baik malah ada yg sampai umur 5 th,,klo daun alhamdulillah tidak ada masalah sampai sekarang,,sebaik nya di th pertama di semprot kan pestisida ato pupuk untuk menghilang kan hama daun karena di th pertama daun masih sedikit jadi klo habis mereka tidak bisa mencerna makanan yg akan berakibat pohon mati,,klo umur sudah lebih dari satu th daun akan relatif banyak meski pun hama daun memakan nya,untuk daun lebih hijau saya menggunakan pupk mpk karena sempat daun menguning tapi alhamdulillah skrnng sudah normal kembali,itu pengalaman saya terimakasih,

  3. SAYA SUDAH PUNYA 1500 POHON INSYAALLAH BISA HIDUP BAIK. RASANYA KURANG DEH INFORMASINYA TENTANG PERAWATAN ADA HAL YANG LAIN YANG BISA SAYA DAPAT?

    • Dear Pak Suwarsono,
      Informasi mengenai perawatan memang aga kurang di sini Pak. Mungkin Pak Suwarsono bisa share pengalamannya.

      Kalo saya sih, setiap 3 bulan sekali kebun sengon saya di-siangi supaya pupuk kandang dan ure yang sudah diberikan tidak dikonsumsi oleh rumput-2 liar. Selain itu, kalo pohon sengon sudah aga besar ( batang kira-2 sebesar lengan tangan/betis ) supaya pohonnya tumbuh tinggi dan lurus, dahan-2 yang tidak diperlukan, dipotong. Tetapi pemotongannya jangan terlalu dekat ke batang inti karena akan mengganggu pertumbuhan pohon itu sendiri. Pemangkasan dalam satu pohon ini juga harus diperhitungkan dengan baik sehingga tidak menggannggu pertumbuhan pohon.

  4. pak phon sengon tu bisa ga tumbuh tempat panas.
    tempat berair yang panas.
    tempat-tempat yang lahannya kering.
    tempat-tempat yang pernah dijaadikan tambang.
    tolong pak buat penelitian saya.
    terima kasih banyak.

    • Om Joe,

      Setau saya pohon sengon bisa tumbuh ditempat yang panas. Tempat paforit pohon sengon adalah daerah yang lembab, misalnya lereng gunung. Contoh-nya adalah didaerah Wonosobo. Tanaman ini tumbuh subur di sana. Kalo ditempat yang kering misalnya daerah Kalimantan, tanaman ini juga bisa tumbuh baik. Yang penting penanamannya dilakukan diawal musim hujan. Beberapa waktu yang lalu saya jalan-2 ke Batulicin Kalimantan Selatan. Dalam perjalanan dari Banjarmasin ke Batulicin, saya perhatikan tanaman ini juga ditanam di tempat tempat yang kering / panas ( di antara perkebunan kelapa sawit ).

      Kalo untuk reklamasi bekas lahan tambang, sepertinya tanaman ini juga cocok. Mungkin supaya tanah lebih kuat, bisa menggunakan pohon mahoni untuk reklamasi bekas lahan tambang ini.

      Demikian,
      semoga membantu.

    • Waalaikummusalam Pak Arief,

      Kalo hasil ngobrol-ngobrol saya dengan petani sengon di Pekalongan, jarak minimal antar pohon adalah 1,2 m. Kalo lebih dekat lagi, pertumbuhan pohon menjadi tidak optimal.
      Demikina Pak.

      wasalam

      • Thanx a lot, jazakalloh..

        Sangat – sangat bermanfaat.

        Setelah cewe jd milik orang, nabung jadi aya tujuan pasti, ha.. ha..

    • sebenar nya kurang baik di masa depan nya ,minimal jarak 1.5,,supaya klo sudah lebih dari 3 th pohon trsbt akan berkembang dg baik krn mempunyai ruang yg luas,,aku menanam jabon dg jarak 3 m,,dan klo yg sengon(albiso) dg jarak 1.5

  5. Selamat Siang Pa,,,
    Wah ini informasi yg sangat menarik,, boleh minta tolong info untuk mendapatkan bibit yg masih butiran dan bagaimana cara menyemainya,, klo alamat lengkap bapak dimana pa?

  6. Budidaya Pohon Jabon, Punya Nilai Ekonomis

    December 2, 2009

    * Alternatif Pengganti Sengon

    POHON Jabon, relatif belum dikenal petani yang berkecimpung dalam budidaya tanaman keras di daerah Kendal. Padahal, pohon bernama latin antochepalus chineasis memiliki nilai ekonomis cukup tinggi.

    Batang kayu pohon Jabon antara lain bisa dimanfaatkan untuk bahan baku kayu lapis, vinir, wood parking, papan tripleks, furniture. Bahkan, konon kayu yang dihasilkan tersebut kualitasnya lebih bagus daripada pohon sengon.

    Paling tidak, Jabon bisa menjadi alternatif bagi petani untuk mengganti tanaman sengon yang terserang penyakit karat tumor, seperti yang terjadi akhir-akhir ini di wilayah eks Kawedanan Selakaton, yakni Kecamatan Sukorejo, Plantungan, dan Patean.

    Untuk mengenalkan pohon Jabon, Perhutani Unit I Jateng pada Minggu (23/11) bekerja sama dengan warga telah melaksanakan penanaman pertama pohon Jabon di Desa Wonodari, Plantungan. Rencananya, pohon berdaun lebar ini akan ditanam di lahan seluas 50 hektare yang tersebar di Desa Wonodadi, Kediten, serta Pikatan. Lokasi penanaman adalah lahan milik warga, atau di luar kawasan Perhutani.

    Menurut Cahyo Kawedar SHut, selaku petugas pembinaan hutan Perhutani, penanaman Jabon merupakan program pembangunan hutan rakyat yang bermitra dengan instansinya.

    Masyarakat menaman pada lahan milik mereka, sedangkan Perhutani membantu bibit dan biaya pemeliharaan. Tanaman Jabon dipilih karena cepat tumbuh (dalam waktu sekitar 5 tahun, bisa dipanen dengan diameter batang pohon di atas 30 cm dan memiliki tinggi hingga 15 meter).

    Tanaman mempunyai batang silinder, dengan tingkat kelurusan yang relatif bagus dan tak perlu memangkas dahan, karena bersifat menggugurkan daunnya sendiri. Tanaman memiliki kayu berwarna putih kekuningan, tekstur halus, dan mudah dikupas. ’’Kualitas pohon cenderung lebih bagus, daripada pohon sengon. Dalam kurun lima tahun, petani diperkirakan mampu meraup keuntungan ratusan juta, dengan menaman Jabon di lahan seluas satu hektare. Kalau dalam setiap hektarenya menghasilkan kayu 350 m3, keuntungan yang didapat mencapai Rp 300 juta,’’ kata Cahyo, kemarin.

    Pihaknya optimistis, tanaman Jabon memiliki prospek bagus ke depan. Terlebih kebutuhan kayu di Indonesia saat ini sekitar 18 juta m3 per tahun, sementara produksi kayu yang tersedia setiap tahunnya berkisar 9 juta m3.

    Kondisi di lapangan, sebagian masyarakat di wilayah Kecamatan Plantungan dan sekitarnya, yang selama ini menanam sengon, seolah menjadi khawatir meneruskan budidaya tanaman tersebut. Hal ini setelah, tanaman sengon banyak yang terserang tumor karat.

    Pohon usia muda dan dewasa yang terserang penyakit ’’daging tumbuh’’ di dahan sengon itu, hampir dipastikan akan kering dan mati. Sedangkan, sejauh ini belum ada obat tanaman untuk penyakit itu.

    Ketua kelompok tani Jabon di Sukorejo, Ardha menambahkan pihaknya telah bekerja sama dengan Perhutani sehingga mendapat fasilitas bantuan bibit, bimbingan dalam perawatan serta pemasaran kayu.

    Melalui kerja sama itu, kelompok tani yang dipimpinnya akan mendapat sertifikasi, sehingga produk kayu bisa diterima di pasar luar negeri.

    ’’Jabon mudah tumbuh di lahan dengan ketinggian maksimal 1.300 meter di atas permukaan laut, serta tidak memerlukan perlakukan khusus, tahan terhadap penyakit karat tumor. Kami siap menerima konsultasi secara langsung dengan datang ke kelompok tani di Dusun Sempu, Desa Tamping Winarno, Sukorejo, atau melalui ponsel di 081.3285 19551,’’ ujar Ardha. (Setyo Sri Mardiko-16)

    [by suaramerdeka.com]

  7. salam sukses bapak. saya punya lahan 3 hektar yang sudah saya tanami pohon sengon laut sebanyak 5600 pohon dengan lilit 60-110 cm, umur 4 tahun, tinggi minimal 12 meter.sekarang saya mau jual semua pohon sengon tersebut dan akan saya kasih GRATIS PEMAKAIAN LAHAN selama 2 tahun. jika ada yang mau membeli bisa langsung hubungi ke 081805178356/08813359792.milik pribadi.terima kasih

  8. semoga kita sukses, dan selalu cinta sm pepohonan amin.di cari pembeli sengon dengan kapasitas besar.sengon laut umur 4 tahun lilit 60-110 cm.tinggi minimal 12 m.hubungi 081805178356/08813359792

  9. mas beli dimana tuh lahan 7jt 2100m2 :) menarik sekali kayaknya bisnis tanam sengon ini.

    *lagi liat2 blog nya dulu ya… baca2 dulu hehehe… thx informasinya… dan selamat taon baru sukses selalu…

  10. pak Kartim , bapak posisi di daerah subang mana ? apakah masih ada lahan kosong/pembukaan yang baru ? Berapa sekarang harga per 1000meter perseginya ? Apakah bapak bisa jadi mentor saya ?

  11. assalamualaikum,.. pak kartim,.. saya sngat tertarik sekali tentang budidaya sengon, kt bs untuk konservasi ( pelestarian lingkungan dan juga untuk bisnis tabungan masa depan kita ),.. saya mau tanya bagaimana cara menjual pohon sengon yang usia sudah 4 hampir 5 tahun,…

    • Silahkan dihitung saja Pak. Jarak antar pohon paling rapat adalah 1,2 meter ( ideal-nya sih 2 meter ). Nanti dikalikan Rp. 1000,- untuk harga bibit per pohonnya. Beli bibitnya, jangan lupa dilebihin untuk cadangan kalo-kalo ada yang mati. Sebelum ditanam, tanah digemburkan dulu kemudian diberi pupuk kandang secukupnya. Kalo pupuk kandangnya baru, diamkan dulu satu minggu supaya adem dulu. Baru kemudian bibit ditanam. Kalo perhitungan saya ( misal lahan 15 x 10m ):

      Bibit : 56 pohon + 10 pohon cadangan/bisa dibeli belakangan ( Rp. 66.000 )
      Pupuk Kandang : Rp. 100.000,-
      Ongkos kerja : Rp. 200.000 ( 2 hari 2 orang )

      Total : Rp. 366.000,-

      Matur nuwun.

  12. sekarang katanya banyak hama penyakit (gerombolan seperti coklat di pucuk pohon) ini sangat mematikan dan menular. Apa obatnya ya, ditunggu infonya. Trimks.

  13. mohon info: saya sekarang berdomisili di propinsi Aceh, dimana saya bisa mendapatkan bibitnya… ? kira2 berapa harganya…….

  14. Jabon alternatif pengganti sengon

    BATANG- Warga Desa Sangubanyu, Kecamatan Bawang, Batang kini mulai mengembangkan tanaman jenis baru yakni tanaman jabon. Tanaman ini digunakan sebagai alternatif pengganti sengon yang sering terkena penyakit karat tumor dan ulat kantong yang sulit diatasi. Pengembangan tanaman ini dilakukan di atas lahan desa seluas 5 hektar, dan telah berjalan sejak dua tahun terakhir. Menurut Krishnadi Pryana, Direktur Umum PT Sekawan Sumber Sejahtera, Temanggung yang mempelopori penanaman tanaman alternatif tersebut, mengatakan bahwa tanaman ini bisa hidup dii ketinggian 10-1300 m dari permukaan laut, dan bisa hidup di segala lapisan tanah.

    “Tanaman ini mempunyai sifat menggugurkan daun sendiri sehingga tanpa pemangkasan, serta memiliki kecepatan tumbuh. Tanaman ini sangat bagus digunakan sebagai kayu lapis, vinir, konstruksi ringan, kertas dan mebel,” katanya.

    Dia juga mengatakan, kayu ini memiliki tekstur halus mirip kayu pinus dengan warna putih kekuning-kuningan. Tanaman ini diyakini tahan hama karat tumor dan ulat kantong.

    Bahkan menurutnya, dari uji coba di lahan Kalimantan pada usia 3 tahun diameternya mencapai 30 cm, dan tinggi 13 meter.

    Prospektif
    Dia juga menambahkan dari satu hektar tanaman jabon bisa ditanamni sekitar 800-1.000 batang tanaman jabon, dengan hasil antara 300-400 meter kubik.

    Saat ini harga kayu jabon diameter 30 cm di atas Rp 1 juta, maka diperkirakan dalam 5 tahun keuntungan yang dapat dicapai sekitar Rp 300-400 juta.

    “Saat ini kebutuhan kayu sangat meningkat, apalagi kayu alam dan tebangan baru bisa memenuhi 55 persen kebutuhan industri. Dan jabon sangat layak dikembangkan karena cepat tumbuh dengan kualitas bagus,” ujarnya.

    Dalam acara penamanan itu, Kades Sangubanyu, Supriyanto didampingi pihak investor, Dewi Setyanto mengatakan sangat mendukung pengembangan jabon.

    Masyarakat juga bisa bersyukur lantaran ada terobosan tanaman pengganti sengon yang tidak rentan terkena hama.

    Sementara Dwi Setyanto mengatakan bahwa pihaknya telah menanam hampir 70 hektar jabon di Kabupaten Kendal dan Batang, dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat.
    “Kami juga membuka konsultasi tentang tanaman ini dan siap menampung penjualan kayu,” katanya.

    dwi setyanto
    konsultan,market,investor,konsultan jabon resmi
    hp.085226662303

    http://www.wawasandigital.com/index.php?option=com_content&task=view&id=37080&Itemid=34

  15. wah..saya jadi tertarik nih pak..untuk budidaya kayu sengon..kebetulan saya punya sebidang tanah n masih bingung antara menanaminya dgn sengon atau jati emas..sebetulnya mana yg lebih menguntungkan diantara kedua kayu tersebut..??trus tanaman apa saja yg bisa ditanam disela2 pohon sengon tsb?kalo ubi kayu gimana?makasih…

    • Mba Rieska,

      Untuk jenis tanamannya monggo saja Mba. Cuma mungkin pertimbangannya, kalo pohon sengon bisa panen dalam waktu 5 tahun sementara kalo jati emas baru bisa panan dalam waktu 10 tahun atau lebih.

      Untuk tanaman yang bisa ditanam diantara tanaman utamanya singkong atau pisang juga bisa Mba. Yang penting jaraknya disesuaikan saja. Kemudian karena singkong atau pisang pertubuhannya lebih cepat dari tanaman utamanya, silahkan baiknya diperhitungkan juga jangan sampai benih yang baru ditanam tidak mendapat sinar matahari yang cukup.

  16. Bagi anda yang ingin membudidayakan karat tumor dan ulat kantong.Jual bibit sengon solomon super hercules,,3 tahun diameter 50 cm up,,dijamin penuh karat tumor dan ulat kantong,harga 100 ruoiah,hub bapak adi ungaran 0813265296906

  17. Mohon petunjuk bapak info penjualan pohon sengon di daerah malang. Apa penjualan kayu tsb hrs mengurus ijin diperhutani atau tidak? Atau ijin dari instansi yg lain mungkin? Tks atas info. Bisa dibls ke email saya pak? Tks byk.

  18. sekarangkan lagi hangat2nya budidaya kayu jabon.menurut bapak mending menanam kayu sengon atau jabon?karena kemarin saya dah terlanjur tanam sengon seluas kira2x 5000m3.perlukah saya mengganti dgn pohon jabon?kebun saya di daerah nglebo kab batang

  19. alhamdulillah .saya telah menanam pohon sengon sebanyak 4000 pohon tahun 2008 tepatnya bulan desember ,mudah2an tdk diganggu penyakit.saya hobi menanam pohon kayu, tetapi sekaramg saya lebih tertarik menanam pohon jabon katanya tiak ada penyakitnya,apabila yg pernah nanam pohon jabon ,mohon kiranya memberikan gambaran penyakitnya bagaimana?

  20. saya darmawi dari aceh ingin bertanya bagaimana cara mendapatkan bibit sangon dari jawa? saya sangat termarik terhadap penanaman pohon ini

    • Pak Darmawi ysh,
      Mungkin pak Darmawi bisa coba tanyakan ke depantemen kehutanan. Kalo ngga coba Pak Darmawi cari biji pohon sengon kemudian buat bibit sendiri Pak. Kalo biji sengon-nya ngga ada mohon diinformasikan Pak. Nanti insya Alloh bisa saya kirim.

      salam,
      –kartim–

      • Saya ada tanah seluas 3 Ha, di Sukabumi (kira2 %km dari arah kota ke Nyalindung). Rencananya sebagian (2 Ha) akan sy tanami Sengon atau Jabon. Berapa banyak pohon yg maksimal bisa ditanam. Dimana sy bisa memperoleh bibit yg baik? Untuk bibit ukuran 90Cm-1m, berapa harga perpohonnya. Dimana sy bisa memperoleh biji sengon atau biji jabon? TK, salam

  21. pak, sudah sebulan terakhir saya browsing info tentang sengon. Saya punya tanah seluas 1300 meter persegi di daerah cariu, jonggol. Apakah daerah tersebut cocok untuk sengon ? bolehkah saya minta alamat pembelian bibitnya.? Untuk ongkos kerja, apakah kita tiap bulan harus menggaji orang untuk mengurus kebun sengon? terima kasih dan sukses untuk anda.

    • Pak Deddy,

      Bos saya juga ada yang punya kebun sengon disana Pak ( Jonggol ). Coba saya nanti akan tanyakan dimana beliau membeli bibitnya. Mengenai pemeliharaan, kalo saya sih dibersihkan ( disiangi ) setiap tiga bulan. Nanti kalo pohon sengonnya sudah aga besar ( 6 buan ) cari orang yang mau tumpang sari aja. Nanti lahan pak Deddy ditanamin palawija ( misalnya ) sekalian orangnya harus membersihkan lahan pak Deddy. Tapi supaya lebih jelas perjanjiannya dibuat hitam diatas putih aja Pak. Takutnya nanti orang tersebut ga mau pindah lagi. :)

    • bisa diberikan informasi mengenai penanaman awalnya apa perlu dibuatkan lubang..? dan kalau iya apa perlu medianya diganti dengan tanah yang lebih baik /pupuk..? Kalau dibuatkan lubang berapa ukurannya yang paling edial..? Terus saya tingglal di Kalimantan tepatnya di Bontang cara pemasarannya gimana..? Saya hanya mempunyai tanah seluas kurang lebih 1 hektar.

      Terimaksih,saya berharap ada yang memberikan/membagi pengalaman pada saya.

      • Dear Pak Agus,

        Kalo saya sih dibuatkan lubang Pak. ukurannya 20x20x20 cm kemudian saya isi dengan tanah, pupuk kandang dan humus. Kemudian saya diamkan dulu selama 1 Minggu, baru bibit ditanam Pak. Kalo saya perhatikan di Kalimantan pohon sengon tumbuh dengan subur Pak.

        Untuk Pemasaran terus terang untuk di Kalimantan saya belum tau Pak. Mungkin akan sangat menguntungkan kalo buka penggergajian kayu sendiri Pak. Nanti saya akan coba tanya-tanya gmana membuat penggergajian kayu sendiri. Insya Alloh harganya juga akan jauh lebih mahal Pak.

  22. saya tinggal di bandung, bersama bapak berniat untuk budidaya kayu juga. sekarang baru pembibitan,mudah2n lancar. Sukses untuk semua ya ^^V

  23. Bapak2 Yth.,,

    Saya membaca komentar2 diatas, saya sangat tertarik untuk investasi POHON SENGON.
    Jika ada Bapak2 yg punya lahan sekitar Tangerang atau sekitar Jawa Barat lain, saya ingin coba tanam. Kondisi bisa kita bicarakan nanti, jika sudah ada lahannya.

    Terima kasih,

    • Yth Bpk Andi. Saya memiliki lahan yang sudah ditanami sengon dan sudah beberapa kali panen,namun hasil yang diperoleh tidak optimal karena kurang pemeliharaan. Untuk diketahui lahan saya berada di daerah Ciamis Jawa Barat, seandainya Bpk tertarik untuk bekerja sama dalam penanaman sengon atau tanaman lainnya dengan mengoptimalkan penanaman dan pemeliharaan silahkan hubungi saya di schaberwinn@yahoo.com
      Terimakasih

  24. pak… mau minta sarannya… skrg sy tinggal di bangka belitung…. sy berminat tanam pohon sengon… tp kondisi di bangka belitung ini panas n tanah2 disini bekas tambang timah…. bagaimana cr penanggulangan n penyuburan tanah agar pohon sengon bs tumbuh pd lahan bekas tambang timah…???? trima ksh…. salam bambang….

  25. Kami sarankan, kalau mau berinvestasi kayu lebih baik yang mudah perawatan, dan tahan dengan penyakit. Kami sudah menanam pohon sengon dan jabon. waktu berjalan banyak sengon yang kena tumor dan ternyata diameter batang sengon bisa disalip oleh jabon. Petani temanggung sudah membuktikan sendiri. Temanggung gudang pabrik kayu olahan akan menjadi gudangnya jabon semua itu berkat sosialisi LPLH JAWA TENGAH dalam memberi pencerahan tanaman kayu. Iya to mas agus sukorejo.

  26. Saya tinggal di Tabanan, Bali. Dan berniat untuk menanam pohon sengon diarea seluas 1 hektar. Apakah Pak kartim bisa kasih informasi dimana saya bisa cari bibitnya di Bali dan berapa harga satuannya? Atas informasinya terima kasih.

  27. sukron banget infonya
    saya tinggal di daerah bangkalan madura jawa timur. kalau ingin mendapatkan bibit dari pohon sengon ini dimana yaaaa…….???

  28. Adik saya punya lahar nagnggur 2300 m2 didaerah Rangkasbitung Banten,rencana sedang cari untuk tanam sengon. Bagaimana menurut Bapak disana cocok tidak. Untuk informasi, sebagian besar kondisi daerah sana adalah persawahan tadah hujan. Mohon informasi dari bapak. Terima kasih

    • Insya Alloh bagus Pak.
      Nanti sebelum ditanami bibit, usahakan jangan ada pohon sengon yang sudah besar. Kalo ada tebang dulu, karena menurut pengalaman dari pohon yang besar itulah hama muncul. Kemudian ada teman-teman yang mengusulkan untuk menanam pohon jabon Pak. Katanya lebih tahan hama. Tetapi kalo untuk pohon jabon ini, terus terang saya belum pernah coba. Btw, sebelum menanam mohon diperhatikan juga curah hujan disana. Sebaiknya bibit ditanam pada awal musim hujan.

      terima kasih.

  29. Pak Kartim, Mau tanya nih, berapa Meter3 berat pohon Sengon dengan ukuran Tinggi 20 Meter dan Lingkar Batang 30 Cm. Terima Kasih Banyak Atas Infonya. Maaf nih Pak Kartim Matematika Saya Nilainya Jeblok !!!! Hahahahaha….

    • Hallo Pak Danny,
      Saya terrarik dng keterusterangan Bpk mengenai matematika yg jeblok. Hehehe
      Unt menghitung kubikasi cylinder rumasnya : r X r X 3,14 X panjang.

      Dimana “r” = jari-jari (1/2 dr diameter), sementara 3,14 adalah bilangan konstanta.

      Demilian semoga bermanfaat. Terimakasih

  30. Assalamu’alaikum. bagaimana prospek tanaman sengon saat ini, sekarang muncul jenis tanaman jabon,saya msh ragu apakah jabon bisa masuk pabrik seperti halnya sengon,,…………………….

    • Terus terang saya aga kurang tau prospek kedepannya mengenai pohon jabon. Tapi berdasarkan info teman-2 kalo dari segi hama dll, pohon jabon lebih tahan hama.

  31. pak kartim sya oge lg nanem abasia 6bln yg lalu sebanyak 3500 pohon di dua kebon yg satu L 3500m2 satunya L 4000m2 tinggi mencapai 3m rata-rata dari pengalaman gmn spy cepat gedenya ? strateginya gmn nich ? lokasi garut

  32. ass pak sy udah tanam sengon 6 bln yll di dua lahan masing2 L 3500m2 dan 4000m2 tinggi skrng rata 3meteran spy lebih cepat tumbuh dan tidak ada hama strateginya gmn ? lokasinya sekitar garut
    hatur nuhun ya pak info sharingnya

    balas

  33. Selamat sore pak Kartim,
    Saya Hartanto,kebetulan saya punya lahan sekitar 1000an m2,setelah membaca arikel bapak,saya sangat tertarik untuk memulai usaha budi daya pohon sengon,saya berdomisili di Kupang NTT,daerahnya agak panas spt Bali,kira”bisa tidak ya untuk di tanami pohon sengon?apakah saya bisa membeli bibit pohon dari bapak?boleh tahu bapak domisili daerah mana?Terima kasih,
    Mohon di balas lewat email.

    • Pak Hartanto yth,

      Untuk di Kupang NTT jujur saya belum tau kondisi tanahnya Pak. Tapi kalo kaya di Bali sih insya Allah bisa tumbuh dengan baik pak.
      Untuk bibit, mohon maaf saya tidak bisa menyediakan Pak. Mungkin Pak Hartanto bisa saya kirimi biji pohon sengon, kemudian bapa semai sendiri. Caranya beli kantong plastik ukuran 1/2 kg kemudian lubangi, isi tanah yang sudah diberi pupuk kandang secukupnya kemudian semai biji/bibit sengon seperti menanam ketimun.

      btw,
      bisa minta alamat lengkap pak Hartanto Pak…?

  34. numpang tanya pak seumpama penanaman pohon sengon di daerah pesisir pantai gimana..???
    apakah tanaman bisa tumbuh dengan baik…????

    • Assalamu Alaikum pak Rifqi,

      Mohon maaf sebelumnya,
      Terus terang kalo didaerah pesisir saya kurang pengalaman. Tapi kalo yang saya perhatikan, didaerah Pangandaran, Jawa barat Ciamis, pohon sengon juga tumbuh subur.
      Mungkin tinggal perawatannya saja Pak yang aga butuh perhatian supaya pohon sengon tumbuh dengan batang yang lurus. Seperti kita ketahui sifat dari tumbuhan adalah akan berusaha untuk mencari sinar matahari sebanyak-banyaknya. Pada saat pohon sengon ditanam di tempat terbuka seperti daerah pantai, pohon sengon pada khususnya akan tumbuh membesar dan sedikit meninggi dan memperbanyak cabang. Tapi ga masalah selama pertumbuhannya tetap baik.

      terima kasih.

  35. menarik sekali artikelnya,kebetulan saya juga lagi ngumpulin info soal budidaya pohon sengon ini untuk di tanam di tanah tegalan di kampung yang kurang produktif.boleh saya copas ya,pak?

  36. maaf sebelumnya pak , saya udh baca artikel pak kartim ,gini pak saya tertarik sekali dgn budidaya sengon ini krn dgn hasilnya yg fantastis pak ,trs pak begini pak apakah untuk penjualannya nggak sulit pak krn kita nggak tau siapa buyernya pak ? trs begini pak kan pak kartim udh pernah panen nih ,maksud saya ijin2 apa yg mesti kita perlukan pak utk kita sbg petani pohon sengon ( nanam di lahan pribadi) misalnya seperti ijin penebangan atau ijin penjualannya pak,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih untuk infonya pak .

    • Dear Pak Toni,

      Kebetulan di tempat saya sih ada pabrik pengolahan kayu . Jadinya penjualannya tidak sulit. Dan sepengetahuan saya untuk penebangan pohon sengon tidak perlu ijin ke Perhutani atau lembaga lainnya kecuali pohon Jati, Mahoni dll…. butuh ijin kalo dibawa ke jalan raya.

      Untuk pemasaran, mungkin bapak bisa lelang di internet Pak. Atau tanya-2 ke dinas kehutanan setempat.

  37. Sekedar berbagi pengalaman…
    Kebetulan saya tinggal di daerah Pangandaran selatan kearah green canyon tepatnya di Parigi yang dekat pesisir pantai yang juga menanam pohon sengon. Dasarnya pohon sengon ini dapat tumbuh dengan baik kalo pohon kelapa tumbuh, cuma yang terdapat perbedaan kecepatan tumbuh pada daerah pesisir dengan daerah pegunungan. untuk daerah yang deket pesisir (sekitar s.d 40 km dari garis pantai) kondisi ini sangat ideal mengingat pohon sengon dapat tumbuh disela-sela pohon kelapa. Proses pertumbuhannya sejak ditanam pucuk sengon yang tumbuh akan mengejar intensitas cahaya matahari yang terhalangi oleh pucuk kelapa, sehingga pertumbuhannya cenderung lebih cepat. Disamping itu sengon yang tumbuh disela-sela pohon kelapa akan lebih aman dari terpaan angin karena terhalang oleh pohon kelapa dan lebih kokoh karena akarnya berada di sela-sela akar kelapa, apalagi ditunjang oleh faktor tanah yakni terdapat kandungan lempung seperti yang terdapat di daerah sepanjang pesisir pantai selatan. Pohon sengon yang ditanam pada kondisi ini biasanya merupakan pohon yang memiliki kualitas utama. Cuma kalau yang benar-benar dekat dengan garis pantai begitu pucuk pohon sama dengan pucuk kelapa pertumbuhannya cenderung ke banyaknya dahan.
    Terkait terdapat pola jarak tanam minimal 1,2M antar pohon menurut pengalaman saya kurang efektif, karena begitu pohon ditanam bersamaan satu sama lain akan saling menghambat untuk mendapatkan porsi sinar matahari yang cukup. Sehingga tumbuhnya “kurus” dan kurang sehat walaupun ditunjang oleh pupuk. Seyogyanya jarak yang paling ideal adalah antara 3,5 M s/d 5 M (tergantung posisi kemiringan tanah). Dengan jarak ini begitu pohon tumbuh maka pertumbuhannya akan lebih cepat dari yang jaraknya terlalu rapat. Jangan lupa bahwa pohon sengon memerlukan asupan sinar matahari yang cukup. Disamping itu untuk tanah yang ada pada daerah pantai kalau kadar garamnya terlalu asin juga kurang baik hanya baiknya pada saat usia pohon dibawah enam bulan saja selebihnya akan bercabang dan pertumbuhannya kurang sesuai dengan harapan.
    Penanaman pohon sengon di daerah yang cenderung dingin atau ke arah pegunungan misalnya daerah Bandung, perkembangan pohon ini kurang bagus karena kadar garam yang terkandung pada tanah didaerah yang dingin kurang terutama kandungan lempungnya yang kurang, biasanya kalau ke pegunungan tanahnya relatif merah sedangkan untuk sengon tanahnya merah bercampur dengan hitam dan lempung sehingga rada lengket. Disamping itu juga angin yang berhembus relatif kering sehingga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan pohon ini, biasanya hanya bagus pada saat usia pohon dibawah enam bulan saja, selebihnya akan tumbuh kerdil (tidak sesuai harapan).
    Saat ini kendala utamanya adalah adanya semacam tumor yang menempel pada batang, pohon atau daun. Penyakit ini relatif ada sekitar 4 tahun terakhir, menurut informasi hal ini karena adanya kotoran burung tapi menurut pengalaman saya lebih ke kualitas bibit awal dan adanya pestisida disamping juga kotoran burung. Menurut pak Kartim pemeliharaan hanya menyiangi saja setiap tiga bulan ternyata ada tambahan untuk mengontrol pohon, batang dan daun apabila terdapat semacam tumor maka harus dipatahkan supaya tidak menjalar ke yang lainnya, karena tumor ini menyerang pohon di segala usia.
    Penyakit selanjutnya adalah terjadi pada kulit pohon ini relatif mematikan, seperti budukan dan kulit pohon seperti bersisik. Solusinya tebang aja.
    Untuk pemasaran pohon ini sekedar informasi kalaupun tidak digunakan untuk bahan bangunan, pohon ini dibutuhkan untuk valet (tatakan kayu untuk industri). Pasar pohon albasiah ini cenderung meningkat sehingga bisnis ini sangat menguntungkan….
    Terimakasih

  38. Selamat pagi pak Kartim,
    Maaf atas keterlambatan saya membalas email bapak,apakah saya boleh tahu no hp bpk?sehingga memudahkan saya berkomunikasi dgn bpk?
    Terima kasih atas kesediaan bpk mengirimkan biji sengon utk saya,alamat saya : Hartanto H/Ingrid. jalan Sumba No 8.Kupang NTT.Berapa biaya utk pengirimannya pak?Terima kasih.

  39. saya rasa analogi sengon dan jabon adalah bagaikan honda beat dan honda vario,kita bicara sederhana,saya punya sampel kayu jabon,saya olah jadi aneka furniture dan konstruksi ringan,ternyata secara warna,kekuatan,pengerjaan.jabon lebih bagus dari sengon,jadi kalau sengon saja laku,jabon yg lebih bagus secara akal sehat pasti laku..

  40. Sharing untuk Pak Ade Syarif

    Perkembangan pohon sengon yang terbaik sebenarnya justru dari tunas. Pohon sengon yang telah berumur minimal 4-5tahun yang ditebang dapat tumbuh tunas yaang baik. tehnik penebangan juga sangat berpengaruh terhadap tumbuhnya tunas tersebut. Idealnya penebangan dilakukan dengan memotong bagian bawah sekitar 30 -50 cm dari permukaan tanah. Perkembangan tunas dengan penanaman bibit atas pohon sengon justru akan lebih cepat tunas yang tumbuh, karena untuk tunas ditunjang dengan akar yang lebih kuat sehingga asupan untuk perkembangan batang tunasnya lebih baik. Kualitas atas tunas yang tumbuh juga lebih tahan terhadap penyakit, pemeliharaannya relatif lebih mudah. Tetapi apabila tunas yang tumbuh lebih dari tiga batang supaya perkembangannya lebih cepat kalau bisa titebas saja yang lainnya jadi cukup maksimal tiga batang tunas saja. untuk tunas yang tumbuh dengan baik ketika usianya 4 tahun sudah bisa untuk ditebang lagi. Saya memiliki pengalaman yang demikian dan saat ini telah dua periode penebangan untuk yang tunas.

  41. saya punya sengon tapi ada yang kena penyakit daunnya habis apa obatnya bpk? kalau pakai semprot pohon sudah sangat tinggi apa ada obat lain? trims

  42. Asslkum, pa.
    Mau tanya pa,aamf saya newbie dalam budidaya sengon. menurut pengalaman bapa dalam budidaya sengon ini apakah dilakukan penjarangan per tahunnya atau tidak? trus jika dilakukan penjarangan tanaman nya bapa di jual kemana,apakah punya channel? rencannya sy ingin melakukan pananaman budidaya sengon ini,mohon infonya,trims.

  43. saya sangat tertarik dengan investasi pohon sengon! saya punya kebun di daerah nongko jajar jatim! dengan luas tanah 6000m. apa bisa dibantu kira2 berapa banyak sengon yg dapat saya tanam! dan apabila setelah panen 4 tahun! apa harus tanam ulang dan tunggu 4 tahun lagi untuk panennya!dapatkah saya diberi info agar selain tanam sengon apa yg bisa menghasilkan tiap tahun sementara menunggu panena sengon tersebut!tolong dibalas ke email saya.

  44. yah dg membaca banyak saran dan ke untungan menanam singon saya juga mau mulai mencoba, dari pada punya lahan kosang tidak di urus , kalo mendengar saran saran dari pak andi tadi kayak nya tempatnya bisa di tanamin singon tsb , mudah mudahan aja bisa berhasil.

  45. saya nanam sengon albasiah 50.000 ribu pohon, 75 % tanamam terkena penyakit tumor yang membikin mati tanaman, sementara yang terkena penyakit saya pangkas kalo yang kena batang utama terpaksa saya potong buat kayu bakar, kalo punya informasi cara penanggulangi penyakit ini sya mohon konfirmasinya, kerugian saya sudah Rp 100 juta lebih….

  46. apa tidak salah perhitungan anda mendapat keuntungan dari pohon sengon yang dapat dipanen setelah 3-4 tahun hanya dihargai 400rb rupiah perbatang …jadi satu tahun kerja anda sebatang hanya dihargai 100rb???? apakah tidak dihitung usaha anda untuk menjaga itu pohon supaya hidup sampai 4 tahun???? belum lagi faktor penyakit???
    janganlah anda dibodoh bodohi oleh pabrik pabrik pengolahan kayu yang mau menerima dari petani sengon saja….kalau menguntungkan kenapa mereka tidak menanam sendiri seperti pohon kelapa sawit???

  47. saya ada lahan kosong kira2 untuk 100 pohon cukup, lokasi daerah Pracimantoro, jateng. jika ada investor untuk penanaman pohon dan pengolahan tanah saya beredia.

  48. @jabon 300rb X 1.000 = 300juta (dalam 5 tahun) jadi 1 tahun 60 juta ,,,(dibagi 60jt:12 = 5 juta perbulan) dipotong ongkos kerja untuk memelihara 1000 batang berapa ??? anggap saja satu bulan ongkos kerja 3 juta untuk memelihara jadi penghasilan bersih anda adalah sekitar 2 juta perbulan!!! belum lagi kalau pohon terserang penyakit hitung saja untung anda perbulan berapa???
    dasar Jabon otak petani goblok mau mau aja digoblokin pabrik kayu( ingat ya kalau menguntungkan pasti pabrik kayu nanam sendiri kaya kelapa sawit)

    silahkan kalau anda suka digoblok goblokin !! siapa bon bon koplak pisan eu!!!

    • gua setuju ama dodol..(tujuannya biar org2 pd gak jadi nanam tu pohon sengon,jd biar gua sendiri aja yg nanam…jd harga bisa tetep tinggi..heheheheh..)

  49. Kalo gitu mending tanam apa Dol?Kamu punya ide gak? Oh Ya, ngomong omong kenapa Dodol nimbrung di sini ya kalo gak respek ama Sengon dan Jabon? Kamu sendiri tanam apa Dol? He, Dodol koplak, aku kasih tau ya,pabrik pengolahan kayu tentu saja punya lahan penanaman sangat luas,tapi khan tetep saja terbatas stok,terbatas lahan,sementara produksi terus berjalan.
    Aku bukan pe budidaya sengon dan jabon, baru rencana investasi kesana.
    Jadi jangan merusak blok ini ya Dodol koplak!

  50. kelapa sawit ongkos kerja sebulan3 juta,,kalau nanam sengon atau jabon,usia 2 tahun di tinggal pergi saja sudah hidup ,tinggal mengongkos penjaga 100 rb per bulan aja bisa,,,tinggal ditengak tengok,coba kelapa sawit usia 1-5 tahun,mesti keluar biaya terus,iya kalau tahun ke 5 berbuah,kalau gak berbuah sama sekali bagaimana,dijadikan apa? ,sawit usia 2 tahun keatas ditinggal pergi>ya jadi semak semak belukar
    biaya produksi jabon/sengon paling per ha sampai tahun ke 5 sekitar 15 jutaan,coba sawit berapa,iya kalau berbuah kalau nggak?

  51. dodol lucu ya belum pernah nammnam sengon,kalau udah 2 tahun namanya sengon atau jabon,paling per tahun biayanya 300 rb per bulan,jadi penghasilan bersih kita per bulan sekitar 4,5 juta,,bayangkan
    4,5 juta penghasilan pasif tanpa kita kerja keras

  52. pak daerah saya tandus di tengah danau toba yaitu di pulau samosir . apakah sengon tumbuh di sana ? cuaca malam dingin dan siang panas terik rata2 angin agak kencang siang dan malam tanahny sekitar 30cm tanah gembur atau yang hitan . makin kebawah dapat tanah liat merah apakah baik untuk tanam sengon ? mohon jawaban dan balasan .

  53. pak..mohon info ada lahan lagi yg mau di jual di dekat tempat tinggal bapak nggak ,sy pengin juga usaha tanam sengon,tks

  54. saya kebetulan punya kurang lebih 1500 pohon sengon di daerah Pandeglang-Banten, masa tanemnya 4 tahun, tapi tumbuhnya tidak merata, sekarang saya lagi nyari pembelinya, bisa dapat informasi dimana ya ?

  55. Ass, numpang tanya pak, bisa nggak kalo sengon masih di bawah satu tahun, tapi sudah tumpang sari dengan tanaman palawija,.
    Wassalam

  56. saya punya kebun sengon kurang lebih 6000 batang pada tanah seluas 4 hektar di Lampung, jika ada yang minat akan saya jual 1 milyard. dapat hubungi nomor hp.081272072030

  57. pak Kartim, mo minta sarannya, saya baru mulai nanam sengon 7 bln yll di daerah ambarawa, untuk pertama kalinya, tetapi banyak yang kena kanker karatnya , bagaimana cara mengatasinya, terimakasih

  58. Ass , Saya butuh log sengon berapapun jumlahnya , sdh bentuk potongan sesuai order kebutuhan kami, saat ini baru bisa membeli di jateng , jabar dan jatim
    kalau agan2 berminat bisa hub 081391999881
    24 jam .

  59. mz.Q pnya tanaman pohon alba sebanyak 4000 poho,luas tanah 1,5 hektar……….dan amur’a sdah 2 tahun’an..
    Q mau nanya klo kondisi tanah’a bnyak tnaman liar apaka bsa pngaruh untuk pohon alba itu?
    dan apa pngaruh’a?
    soal’a Q jarang membersihkan area tanah itu?

  60. Saya tingal di karang nunggal tasikmalaya, sebearny harga jual kayu sengon per pohon diametr 30 cm, berapa di daerah saya? Trimakasih

  61. ass.ww. saya menyemai bibit singon 1 bln yang lalu,alhamdulillah 90% hidup,tp baru2 ini bibit tersebut mati hingga 50% tolong apa sebabnya dan bagaiman cara menanggulanginya terima kasih

  62. Klo di malang bp tau bisa jual ke mana? Mungkin bp punya hub sampe sini trimKlo di malang bp tau bisa jual ke mana? Mungkin bp punya hub sampe sini trim

  63. Salam kenal dan salam Sukses
    Bagi anda yg membutuhkan Bibit Tanaman Albasia (sengon)>>>> Perkenalkan, Kami adalah produsen Bibit tanaman. Kami jual berbagai bibit tanaman termasuk bibit sengon dengan harga Terjangkau dan yang paling penting BERKUALITAS. info lebih lanjut cek di bibit2tanaman.blogspot.com

    Hub : seto hidayat 085 227 163 926
    E-mail : setohidayat@yahoo.co.id

    Terimakasih,..

  64. Mohon informasinya.. saya menanam sengon.. tapi kok bentol bentol… apakan itu masih bisa di obati atau mungkin di cabut saja.. kira-kira umurnya 6 bulan. terimakasih

  65. aku tinggal di cirebon..aku tertarik sama bisnis pohon alba atau sengo,,,tapi aku punya modal cuma 10jt dan belum punya tanah,,kira2 modal segitu bisa memulai usaha menanm phon gak??dan berapa luas yg aku dapat dengan modal segitu??

  66. Pak Kartim,
    Mohon kirimkan benih atau biji sengon solomon sebanyak 1000 biji.
    Ke alamat :
    Tri Wahyudi
    Permata Callysta
    Blok D 7 No. 21
    Permata Bintaro Jaya,
    Tangerang Selatan, Banten

    Biaya pengadaan dan ongkos kirim, agar dikirimkan ke kami rekening Bapak dimaksud.

    Atas bantuannya diucapkan terima kasih

    Rgds
    Tri Wahyudi

  67. saya wiwien di surabaya
    belakang rumah saya tepat di pinggir sungai brantas (sungai utama surabaya) dgn ukuran 5 x 8 meter. sementara ini saya tanami pisang
    sy ingin budi daya sengon. apa harus dibuang semua pohon pisangnya?
    harus dibuat terasiring juga? (seseorang bilang kalo harus dibuat kalen (seperti nanam cabe besar itu lho, tanahnya ada yg ditinggikan ada yg dibuat parit).
    menurut bapak gimana?

  68. aslkm pak, saya mau tanya, apa bapak punya relasi/kenalan yg menyediakan bibit sengon dan jabon di Surabaya?
    makasih sebelumnya, ajkh.
    wasalam

  69. selamat siang pak, mau tanya nih kalau didaerah bali atau sulawesi utara apakah cocok untuk bertanam sengon??dan kalau sudah jadi jalur penjualannya kemana ya??? terimakasih pak, semoga sukses untuk kita semua….

  70. Pohon sengon saya skrg sdh sebesar betis org dewasa sekitar 200 pohon, mdh2an selamat sampai di panen. Rencana nya saya di musim penghujan skrg akan menanam kembali di lahan yg masih kosong seluas 6000 m2, namun sy sedang mencari benih / bibit sengon super yg katanya pertumbuhannya lebih cepat dibanding sengon biasa. Apakah benar sengon super pertumbuhannya lebih cepat..? Selain itu bagaimana cara mengatasi penyakit karak tumor pada sengon…? Mohon informasinya …Trm Ksh.

  71. dibeli log sengon dalam bentuk potongan sesuai order kami & kebun sengon dalam jumlah besar sementara melayani pembelian di area jawa tengah karena keterbatasan tenaga , bagi yang berminat dapat hub 081391999881 ( Bimo )

  72. asallamualaikum
    pak kartim saya mau nanya kalo cara budidaya pohon sengon setelah di tanam bagaimana ya pak?
    mohon penjelasannya.
    terimakasih.
    wasallamualaikum

  73. Trimks atas info yang jawaban yang dimuat. Sangat bermanfaat bagi saya yang kini sedang merintis usaha tanaman sengon.Forum ini sangat bermanfaat.

  74. ass…
    terima kasih infona sangat bermanfaat buat saya,
    tanya nie pak,disebelah tanah saya sudah di tanami pohon sengon sekitar 2,5 tahun rencana saya juga mau menanami pohon yg sama, bagaimana menurut bapak2 apakah saya harus lanjutkan tanam ato cari pohon lain saja.

  75. Memang menggiurkan hasil dari budidaya pohon sengon dalam waktu 3 tahun saja sudah bisa dipanen tentu saja hasilnya akan lebih sedikit tapi kalau di hitung2 dari pada investasi di bank memang sangat jauh sekali, sebenarnya saya juga sedang mencari lahan untuk budidaya sengon

  76. Ass, saya mau nanya pak kalo daerah manado (sulawesi utara) untuk dapat bibit sengonnya dimana ya??????…. Trus untuk pemasarannya bisa langsung kemana ya pak??? mohom bantuannya pak. trimakasih

  77. Saya punya tanah di daerah ciamis Dan sudah ditanami pohon jati super sudah tahun ke 4.
    Luas tanah 2500’m2 jumlah tanaman sekitar
    700 pohon..apabila Ada yang berminat hub: 081345747999.

  78. pak sy mo nanya, kira2 berapa luas lahan yg dibutuhkan untuk menanam rumput gajah untuk mencukupi pakan 1 ekor sapi metal sampai usia potong? terima kasih, blog bpk memberikan saya ide untuk menanam sengon + rumput gajah untuk pakan ternak

  79. Pak Kartim,
    Maaf pak saya mau tny untuk jenis tanah padas apakh bs ditanami sengon? trs bgmn cara perawatan awalny/bibit br tanam?
    Karena perenah dicoba tp mati semua,,,
    tlg bales ke email saya ya pak, : sri_les81@yahoo.com
    Terimakasih bny sebelumnya,,,,

  80. aslm, mau minta share nya om,,,tentang penyakit sengon yg sangat menakutkan yakni benjolan pada batang atau dahan, kalau istilah petani tumor kayu ktnya….karena penyakit ini mematikan pohon meskipun diameter pohon sudah besar,,,,mohon infonya untuk obat atau cara penanganannya,,,,,,hatur nuhun

  81. saya sangat tertarik berita yang anda tulis.Saya setahun lalu mencoba beli pohon sengon yang sudah berusia 2-3 tahunan di daerah jember jawa timur sebanyak 300 an pohon di dua lokasi berbeda dengan lilitan yg besar 50 s/d 70 an cm .Karena sy tinggal di surabaya sampai dengan saat ini belum saya cek lagi,tetapi ada orang setempat yang bantu ngurus.Kira2 tahun berapa saya bisa ambil hasil dan prospek uangnya bgmna. terimakasih pak.

  82. Yth Bpk.Kartim
    saya sangat tertarik dengan budidaya sengon,saya tinggal di kab.madiun.
    dimana saya bisa membeli bibit sengon yang berkualita dan berapa harga per bibit.makasih atas bantuan bapak.

  83. kang abdi di ciamis nyobian 500 tangkal,, umur 1.3 tahun, rata-rata diameter 12 Cm
    3 bulan kemarin kena hama daun, ulat kecil hingga daun layu.. stelah turun hujan hilang,,
    info sekarang ada hama tumor..menyerah dahan / ranting..
    pertanyaan :
    1. saya belum tau obatnya untuk hama tumor kalo boleh ada yang tahu dengan racun atau obat apa ?
    2. harus diameter berapa yang dikatakan subur dalam pertumbuhan untuk kayu pertahunnya?
    diantos sharing na..
    hatur nuhun..

  84. pak saya mau tanya,setelah penjarangan/penebangan 5thn,bagai mana kwalitas tunas berikutnya…???apakah sama dengan pertumbuhan pertamanya….????

  85. Aku pnxa tnman sn9on skitar 1300 phon,usia msh 2bln,tpi prtmbuhan kayu pda 1kbun ga bs sma,hampir separo lbih prtmbuhannxa kran9 alias cebol…aku minta tipsnxa donk

  86. saya punya kebun kayu albasia dgn luas ± 1/2 ha dan ±700 pohon dgn umur >5thn dengan rata-rata berdiameter ±15cm, rencananya akan saya jual semua pohon sengonnya dengan harga Rp. 160jt nego. jika berminat bisa menghubungi (tanpa perantara/ kebun milik sendiri) :
    Lokasi : Desa Kerambitan – Tabanan – Bali
    Marlon : 081805350236
    Dimas : 0818552880

  87. pak saya mau tanya,saya tertarik untuk menanam sengon,tp ditempat saya terkendala tempat yang kurang bagus,karna tanah yang hendak saya tanami banyak uret,dan sekarang adalah musim kemarau apakah bgus kalo saya menanm diwaktu sekarang?mohon bantuan dan petujuknya.

    thx

    salam
    baryadi

  88. Informasi yang sangat menarik…
    Sekedar share saja pak, saya punya kebun dengan beberapa tanaman seperti duku, duren, alpokat, waru, kemiri, kapulaga, salak ada juga phn kelapa.
    Saya jg berniat untuk tanam pohon sengon yang umurnya cukup pendek tapi juga menjanjikan…
    Yang ingin saya tanyakan “apakah tanaman yang sudah ada harus ditebang?”

  89. Setelah membaca artikel dan komentar-komentar para pembaca, sy sangat tertarik untuk tanam Kayu sengon/Jabon. Hanya yang menjadi permasalahn sy adalah, bibit kayu tersebut sy harus cari dimana dan bagaimana dengan pemasarannya di wilayah sulawesi?.
    Kebetulan sy memiliki lahan kurang lebih 1 Ha di Sulawesi Barat.
    terima kasih sebelumnya.

  90. Saya mau bertanya, Apakah pohon sangon / pohon jabon bisa ditanam ditanah gambut pak? Saya tinggal di daerah Riau, dan bagaiman pemasaran utntuk didaerah sumatera khususnya Riau.
    Kebetulan saya punya tanah 15 Ha, bagaimana cara pemesanan bibit yg bersertifikat?
    Sebelumnya saya ucapkan trima kasih atas infonya..

  91. saya sedang menanam sengon 400 pohon jarak 1m X 1m, bos umur 10 bulan , rata rata sudah sebesar lengan orang dewasa, banyak yg bilang pertumbuhannya lumayan cepat, nggak tau ke depan seperti apa karena banyak yang bilang terlalu dekat jarak tanamnya, gimana nih bos , udah trlanjur , sayang mau di adakan penjarangan

  92. Aslmkum wr.wb .Kami membutuhkan log sengon. Bagi saudara2 yg kesulitan menjual kami siap membeli dan mendistribusikannya. Untuk daerah jawa timur Hub kami di no:
    (adam) 081336020004/085755399488

  93. Ping balik: blitza85

  94. PROPOSAL PEMBANGUNAN PABRIK KELAPA SAWIT & PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu INVESTOR
    di-
    T e m p a t

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
    Nama : Agus, SE
    Email : aguslatif99@ymail.com atau aguslatif43@gmail.com
    Hp. : 0812 8388 5642 / 0817 9802 568
    Alamat : Jl. Gunung Latimojong No.44, Kec. Belopa, Kab. Luwu
    Status : Sebagai penerima kuasa penuh dalam rangka mencari investor untuk mengelolah lahan
    seluas 24,800 ha untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit (surat kuasa terlampir)

    Bersama ini saya mengajukan proposal Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan data-data sebagai berikut :

    1. Luas lahan : 24.800 ha
    2. Lokasi ini tidak bermasalah/tidak tumpang tindih, murni dikuasai oleh Koperasi
    3. Lahan ini dikuasai oleh Koperasi Karya Mandiri 19.800 ha dan Koperasi Rezki Alam 5000 ha
    4. Letak lokasi : Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah (27 menit dari bandara internasional Morowali yang sedang dalam pembangunan)
    5. Lokasi ini adalah satu hamparan dengan 4 wilayah kecamatan

    Adapun bentuk kerja sama yang kami harapkan adalah pola kemitraan dengan sistim inti plasma 60/40 sesuai dengan arahan Bapak Bupati Morowali. Mengenai besarnya biaya konpensasi untuk lahan yang akan dijadikan sebagai lahan inti (sertifikat HGU – Perusahaan) dapat dimusyawarakan dengan pengurus Koperasi Karya Mandiri dan Koperasi Rezki Alam.

    Lokasi ini sudah memiliki ijin lokasi dan Rekomendasi dari Bapak Bupati Morowali atas nama Koperasi Karya Mandiri dan Koperasi Rezki Alam

    Demikian proposal ini kami ajukan, atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    AGUS, SE
    Sekretaris Umum Koperasi Rezki Alam

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s