Tulis yang anda kerjakan dan kerjakan yang anda tulis

Pepatah yang singkat Cuma lumayan susah untuk diterapkan dan dilaksanakan.

Dulu waktu perusahaan tempat saya bekerja masih bernama Ratelindo, pepatah atau nasehat tersebut pernah menjadi slogan atau motto perusahaan, tapi seiring dengan berjalannya waktu entah bagaimana nasehat tersebut seakan tak diingat lagi oleh karyawan – karyawan sekarang.

Nasehat atau anjuran tersebut kalo bisa dilaksanakan akan sangat berguna mengingat pepatah lain mengatakan setajam – tajamnya otak manusia mengingat sesuatu masih kalah tajam dengan pena. Artinya Sekuat apaan otak kita mengingat sesuatu masih lebih kuat apabila kita menulisnya. Walaupun sekarang banyak penelitian yang mengatakan bahwa memori Otak Manusia baru digunakan 10 % dari total memori yang seharusnya bisa kita gunakan, tetapi kenyataannya banyak dari masyarakat belum mengetahui hal tersebut. Kesibukan, stress dan banyaknya kegiatan membuat kita semakin mudah untuk melupakan sesuatu. Bagi para karyawan yang sudah berumah tangga misalnya, permasalahan di rumah sebagai keluarga, lingkungan sosial bertetangga, stess akibat perjalanan yang macet dan lain hal membuat seseorang lupa hal – hal yang semestinya dia ingat, Janji misalnya.

Dengan anda menulisnya dalam note / buku harian atau media lainnya yang bisa anda akses setiap saat, anda tinggal membuka kembali buku catatan anda. Masalahnya tinggal seberapa disiplin anda untuk mengecek apa – apa yang anda tulis. Kalo anda membiasakan diri untuk membuka note book setiap pagi waktu sarapan atau sesampainya dirumah atau kapanpun yang kira-kira anda mempunyai cukup waktu untuk membukannya, anda akan dengan cepat mengingat apa yang akan anda lakukan atau apa – apa yang harus anda ingat. Selain itu, biasanya orang akan dengan cepat mengingat sesuatu apabila ada moment lain yang dikerjakan atau terjadi. Atau biasanya orang akan lebih cepat hapal sesuatu apabila dia mengerjakan hal tersebut secara berulang – ulang. Misalnya apabila anda ingin menambah kosakata dalam bahasa Inggris, coba anda tulis dalam kertas kecil yang bisa anda bawa kemana – mana dan bacalah kata – kata tersebut berulang – ulang setiap ada kesempatan. Insya Alloh anda akan lebih cepat menghapal kosakata tersebut. Atau misalnya, anda mengerjakan sesuatu. Misal anda membuat meja ( gambarannya yang gampang aja ya…. ). Dengan anda mendokumentasikannya, apabila anda akan dengan mudah melakukannya. Anda akan dengan mudah menentukan seberapa banyak kayu, paku yang dibutuhkan, juga alat bantu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah meja. Apalagi kalo anda posting dokumentasi tersebut diinternet. akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

Kerjakan apa yang anda tulis…

Kata – kata yang sangat indah, dimana kita dituntut untuk disiplin untuk melaksanakan apa yang sudah kita rencanakan / kita tuliskan. Kalo kita disiplin untuk mengerjakan hal – hal yang kecil, Insya Alloh kita akan terbiasa menghadapi hal – hal yang besar.

So, Mulailah menulis apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda tulis….

salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s